Ini Dia Cara Mengolah Cat Epoxy Agar Memiliki Kualitas Yang Baik

Epoxy merupakan sebuah kata yang masih terdengar asing di telinga masyarakat. Hal ini dikarenakan masih sedikit konsumen yang menggunakan epoxy. Epoxy merupakan sebuah cat yang diaplikasikan ke lantai yang memiliki fungsi untuk melindungi lantai agar tahan khususnya terhadap air dan kelembaban. Selain itu cat epoxy juga mampu memberikan kesan mengkilat terhadap lantai, memberikan kesan yang tampak bersih di lantai serta mampu menampilkan kesan lantai yang elegan.

Dewasa ini cat epoxy sudah banyak berkembang, salah satunya adalah variasi epoxy 3D. Cat epoxy secara material merupakan cat hasil campuran dari beberapa jenis bahan seperti resin dan hardener yang perannya sebagai pelindung yang tipis untuk lantai. Cat epoxy biasanya diaplikasikan pada lantai beton. Mengaplikasikannya tentu saja bukan hal yang mudah karena perlu adanya keahlian khusus, maka dari itu seseorang kerap menggunakan bantuan jasa epoxy flooring untuk menciptakan hasil yang lebih maksimal.

Cara Menciptakan Kualitas Cat Epoxy Yang Baik

Selain bergantung kepada kemampuan, hasil pengecetan lantai epoxy yang baik juga tergantung dari kualiatas cat yang digunakan. Jika kualitasnya buruk, maka hasil yang akan dihasilkan pun buruk.

Pada dasarnya, racikan cat epoxy terdiri atas campuran dua bahan, yaitu kombinasi antara polimer amina dan polimer epoxy. Campuran dua bahan ini harus dikomposisikan dengan tepat agar hasil yang diperoleh baik serta dapat mencapai hasil yang kering dalam waktu yang normal.

Setelah dua jenis bahan tadi dicampur, jasa epoxy flooring dapat langsung mengaplikasikannya pada lantai dan saat cat mulai mengering, kombinasi dua bahan tadi dapat membentuk suatu senyawa yang sifatnya akan merekat kuat pada lapisan lantai sehingga lantai dapat memiliki kekuatan dan tahan teradap segala bentuk goresan maupun benturan.

Pada dasarnya, cat epoxy terdiri dari resin yang terbagi ke dalam dua jenis yang sering akrab dipanggil jenis resin Asia dan resin Eropa oleh masyarakat umum. Kedua resin ini memiliki kualitas yang sama-sama bagus sehingga tidak ada alasan yang tepat untuk memilih maupun tidak memilih salah satunya, artinya Anda dapat menggunakan yang mana saja karena tidak akan mempengaruhi kualitas.

Baca juga: Rahasia Para Kontraktor Untuk Membangun Gudang Bahan Kimia

Polymed yang ada dalam kandungan epoxy sendiri kehadirannya yaitu seagai hardener atau lebih akrab disebut sebagai zat aditif yang fungsinya sebagai hardener atau pengeras. Dan penambahan zat ini pada kandungan cat epoxy harus dengan dosis yang tepat dengan cara menghitung konsentrasinya. Konsentrasi sendiri mengacu pada struktur lantai bangunan yang akan dilapisi epoxy. Jika pencampuran antar zat tidak dihitung dengan tepat, hasil dari epoxy tidak akan merkat kuat, tidak akan tahan terhadap perubahan lingkungan seperti abrasi.

Memang sulit menentukan campuran yang tepat untuk cat epoxy, sedangkan di sisi lain pengaplikasian epoxy sudah menjadi hal yang sangat dianjurkan khususnya oleh organisasi standarisasi internasional atau lebih sering akrab disapa ISO. Hal ini dikarenakan dengan adanya aplikasi epoxy, lantai akan menjadi lebih kuat. Di samping kesulitan yang dihadapi dalam meramu cat epoxy, ada solusi yang ditawarkan dan lebih mudah, yaitu menggunakan cat yang siap pakai. Cat siap pakai dapat Anda temukan di pasaran umum dengan harga cat epoxy yang variatif tergantung kualitas dan kebutuhan Anda. Namun cat epoxy tidaklah semurah dengan cat dinding biasa, cat lantai ini memiliki harga yang lebih mahal. Tapi tentu saja harga ini sangat wajar mengingat kualitas yang diberikannya pun sangat bagus.