Inilah Jenis Profil Gypsum Yang Akan Membuat Plafon Anda Kian Mewah

 

Plafon atau lebih sering dinamakan langit-langit merupakan material bangunan yang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai dekoratif dan sebagai penunjang keamanan suatu bangunan. Dalam pemasangannya plafon harus memperhatikan tinggi atau rendahnya, jika plafon dipasang terlalu rendah hal itu akan mempengaruhi kenyamanan ruangan seperti membuat ruangan itu menjadi sempit dan sesak karena sirkulasi udara yang sedikit. Tinggi plafon pada tiap jenis bangunan berbeda-beda, seperti pada rumah yang memiliki ketentuan tinggi plafon sekitar 3 sampai 3.5 meter.

Jenis Profil Gypsum

Berdasarkan bahannya, plafon terbagi ke dalam beberapa jenis. Salah satu jenis bahan plafon yang paling umum dan populer digunakan adalah bahan gypsum. Gypsum merupakan material plafon yang anti air atau dapat menangkal bocor saat air dari genteng masuk, hal ini dikarenakan bahan dasar gypsum yang terbuat dari plat beton. Ukuran gypsum sangat variatif, tapi ukuran umum di pasaran sekitar 122cm x 244cm. pemasangan gypsum hampir sama dengan GRC board, hanya saja selain menggunakan sekrup, pemasangan gypsum ditambah bubuk gypsum (compound). Gypsum memiliki beberapa keunggulan yang kerap menjadi andalan produk ini, seperti hasil pemasngan yang rata dan mulus, mudah dibentuk sesuai selera dari mulai bentuk konvensional hingga bentuk katedral, memiliki banyak variasi, mudah dan cepat dalam pemasangan, mudah ditemukan di pasaran, dan memiliki warna serta ukuran yang variatif.

Dalam aplikasinya, gypsum memiliki banyak jenis profil gypsum yang akan membuat ruangan menjadi lebih indah yang dapat berupa list yaitu penghubung antara plafon dan dinding ataupun berupa model plafonnya yang tidak hanya rata.

Jenis Profil Gypsum

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa gypsum memiliki banyak jenis profil yang akan membuat ruangan menjadi lebih indah. Jenis-jenis tersebut diantaranya:

1. Gypsum Board

Jenis ini merupakan jenis yang paling umum dan popular karena jenis ini sering dijual sesuai dengan ukuran yang pas dengan ruang yang akan dipasangi gypsum. Anda dapat membelinya dalam ukuran meterpersegi, meter maupun lembar. Selain itu motifnya juga bervariasi, Anda dapat memilihnya sesuai selera Anda dan juga Anda dapat memilih ukuran lebar yang sesuai dengan ruang Anda. Jenis ini biasanya dipasang di ruang tamu dan dapat dijadikan sebagai wadah lampu utama agar terlihat elegan dan tidak membuat ruangan menjadi panas akibat sinar lampu.

2. List Gypsum

List Gypsum

Jenis kedua adalah jenis profil atau model gypsum list. Jenis in biasanya memiliki bentuk batangan dan dijual per meter. Harga jenis ini juga terbilang lebih murah dibandingkan dengan model board. List seperti yang telah dijelaskan sebelumnya adalah sambungan antara plafon dengan dinding sehingga dijual per batang. List gypsum memiliki banyak motif yang dapat membuat rumah Anda terlihat lebih elegan, tapi jika ditinjau dari harga list polosan memiliki harga yang lebih murah.

3. Gypsum Fibrosum

Profil gypsum ini hampir sama dengan jenis board, hanya saja ukurannya lebih besar dan dapat digunakan bukan hanya untuk tempat lampu, tetapi dapat digunakan untuk plafon ruang tamu dengan konsep mewah dan luas.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Semen

 

Salah satu produsen gypsum yang sudah sangat familiar adalah produsen gypsum jayaboard. Harga gypsum jayaboard sangat variatif dan cukup terjangkau tergantung jenis dan ukuran yang Anda butuhkan. Harga gypsum jayaboard permeter persegi berkisar antara 13.000 hingga 25.000, harga per lembar berisar antara 50.000 hingga 160.000, sedangkan harga per meter berkisar antara 20.000 hingga 30.000 rupiah.