Perlu Diketahui, Inilah Beberapa Kegunaan dari Grc Board

GRC Board adalah sebuah material yang berkontribusi secara signifikan untuk area ekonomi, teknologi dan estetika industri konstruksi di seluruh dunia.

Bahan yang mudah untuk digunakan dengan konsumsi energy rendah dan bahan-bahan material alami bisa dibentuk menjadi beberapa jenis produk dan seringkali digunakan oleh desainer, arsitek dan developer karena memiliki fleksibilitas untuk diselelaraskan dengan performa, tampilan. Selain itu  harga GRC board masih tergolong terjangkau sehingga tidak terlalu memberatkan beban biaya.

Sejak diciptakan 50 tahun lalu di era 1960an, GRC board telah berevolusi dan saat ini banyak digunakan oleh para desainer namun tergantung sesuai dengan kebutuhan untuk dapat menambah stabilitas material tersebut.

Inilah Kegunaan GRC Board yang Sangat Bermanfaat

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari GRC board yang bisa diaplikasikan kedalam sebuah bangunan

Struktur Atap Sebuah Bangunan

GRC adalah sebuah bahan yang cocok digunakan untuk beberapa jenis struktur atap. Material ini sangat enteng namun kuat, mudah untuk diperbaiki dan tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitar. GRC bisa diciptakan menyerupai beberapa material untuk atap seperti batu alam atau bahan-bahan yang terbuat dari pasir namun tidak seperti material yang disebut terakhir, GRC tidak terlalu berat dan harga GRC board tidak terlalu mahal.

GRC bisa dilebur menjadi beberapa jenis kompleks untuk aksesoris atap seperti finial, rigde dan chimney. Material ini sangat kuat dan dapat digunakan dalam segala jenis atap. Beberapa lembar GRC biasanya digunakan untuk atap-atap bangunan industry dan agrikultur yang juga diciptakan dengan proses-proses otomatis yang menawarkan kekuatan dan juga keunggulan dalam segi performa.

Bahan Utama Dinding & Jendela

GRC yang serba bisa juga dapat digunakan dalam beberapa jenis cara dalam sebuah konstruksi dan dekorasi dinding-dinding bangunan. Contoh yang paling sederhana adalah GRC yang dipadukan dengan kaca fiber dapat digunakan untuk beberapa jenis dinding untuk memberikan sentuhan akhir yang dekoratif dan tahan lama. GRC juga bisa diaplikasikan kedalam material eksternal sebagai bagian dari sistem untuk menambah karakteristik thermal dari dinding itu sendiri. Dalam segala bentuk kaca fiber, GRC memberikan performa yang kuat dan tahan lama.

Baca juga: Apakah Roller Blind Berbeda Dengan Window Blind?

Beberapa komponen GRC bisa dilebur menjadi lisplang grc, frame jendela, dan kolom-kolom yang bisa menambah unsur dekorasi pada sebuah bangunan komersial dan perumahan serta juga bisa memenuhi kebutuhan fungsional. GRC tidak akan tergerus, tidak seperti bahan-bahan tradisional lain. GRC juga tidak membutuhkan bahan-bahan minimum untuk didaur ulang kembali.

Solusi Untuk Pondasi & Lantai

GRC bisa menjadi sebuah solusi apik untuk konstruksi pondasi dan lantai selain juga harganya tergolong cukup murah. Sebagai bahan permanen pada lantai konkrit, material ini bisa memberikan solusi yang cukup ekonomis dan juga memberikan tampilan yang sangat baik. Dalam sebuah konstruksi balkon, GRC bisa memberikan hasil yang cukup baik disamping juga membuat konstruksi terlihat sangat simpel. Pada konkrit lantai dasar, GRC bisa meminimalisir suhu panas yang masuk kedalam ruangan ketika cuaca dingin.

Dalam sebuah konstruksi bangunan, konkrit yang terbuat dari kaca fiber dapat digunakan untuk lantai. Keduanya dalam bentuk konkrit yang tebal dan juga overlay yang cukup tipis.

GRC telah menjelma menjadi salah satu bahan bangunan yang paling krusial ketika berbicara tentang membangun sebuah konstruksi bangunan atau perumahan. Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh GRC membuat bahan material ini banyak digunakan oleh para developer, arsitek dan desainer di seluruh dunia. Disamping itu dengan harga GRC board yang cukup terjangkau dan ketahanannya, membuat material ini pasti akan terlihat cocok digunakan pada bangunan dalam bentuk apapun.