Tips Menciptakan Refleksi Cermin dalam Fotografi Untuk Foto yang Mengagumkan

Dalam dunia fotografi, mengabadikan pemandangan yang terefleksi di air, entah itu danau ataupun lautan akan menghasilkan foto yang menakjubkan. Sejatinya bukan hanya fotografer handal saja yang bisa melakukannya, kamu juga bisa menangkap pemandangan itu di berbagi tempat, mulai dari sungai, lautan, danau, hingga mungkin di kaca cermin.

Namun, memang untuk menghasilkan gambar yang bagus, perlu latihan dan percobaan terus menerus. Jernihnya cermin atau air tak jadi jaminan, karena semakin gelap media yang menerima cahaya, maka refleksi sebuah objek akan semakin jelas. lebih lengkapnya, yuk kita belajar tips untuk mendapatkan refleksi yang bagus.

Menggunakan Bantuan Media Pengantar

 

menciptakan foto refleksi

Sudah jelas, syarat yang pertama untuk menciptakan foto refleksi adalah media pengantarnya. Gunakan kaca cermin maupun air, maka kamu akan mendapatkan refleksi secara alamiah terutama di area gelap yang terkena sapuan cahaya. Foto di atas adalah salah satu contoh refleksi alamiah dari air, yang diambil oleh seorang fotografer bernama Michael Reynolds. Sederhana terlihatnya, namun ada trik tersendiri hingga foto tampak hidup dan mengagumkan.

Proses Kreatif dalam Fotografi

Memahami cahaya adalah tuntutan bagi seorang fotografer untuk menghasilkan sebuah masterpiece fotografi yang mengagumkan. Tidak hanya dibangun dengan adanya realita objek saja, karya fotografi kadang membutuhkan sentuhan kreatif dalam mengemasnya. Tentu setelah proses foto jadi, kamu butuh editing, penyesuaian warna, sehingga foto yang kamu ambil tampak hidup dan bercerita kepada setiap orang yang melihatnya.

Hindari Bayanganmu Sebagai Fotografer

Jika kamu bertindak sebagai fotografer dan ingin mengabadikan objek tertentu, maka sebisa mungkin hindari bayanganmu sendiri. pastikan saja bahwa objek utama bisa terefleksi penuh dan detail di permukaan air atau cermin. Jangan pernah lupa menghindari bayangmu dari media yang menjadi bahan refleksi jika ingin mengisolasi keindahan objek fotonya. Ya, berbeda lagi masalahnya saat kamu memang ingin membuat refleksi dari potretmu sendiri.

Baca juga: Inilah Hal-hal Pokok Paling Mendasar Dalam Instalasi Gas Medik

Cermin Bisa Menambah Dimensi di dalam Foto

Selama ini, ia dianggap sepele karena mungkin harga kaca cermin yang kebanyakan murah. Padahal, dari cermin sederhana spion atau mungkin westafel kamar mandi, kamu bisa menghasilkan foto yang luar biasa indah. Tapi, dengan syarat juga teknik fotomu benar. Untuk mengambil foto portrait, cari permukaan dinding yang mempunyai sifat memantul. Lalu, arahkanlah kameramu sedemikian rupa agar objek foto beserta bayangannya terlihat dengan jelas.

Komposisi Antara Cahaya dan Latar

 

Komposisi Antara Cahaya dan Latar

Apa yang membedakan fotografer dengan orang biasa yang mengambil foto? Jawabannya adalah angle, latar, dan komposisi cahaya di dalam sebuah foto yang diambil. Tanpa ada kelengkapan di atas maka foto tersebut adalah potret biasa. Tetapi, jika ia mengcapture peristiwa dengan dibantu pencahayaan bagus, atau mungkin latar yang mengena, foto akan berbicara dan menceritakan kisah di baliknya. Dalam proses pengaturan cahaya, seorang fotografer harus paham kepada penguasaan diafragma kamera serta keseimbangan pengaturan cahayanya.

Nah, gampang-gampang susah juga kan menjadi seorang fotografer? Selain teknik di atas, tentu setelah mendapatkan foto yang diinginkan masih ada proses kreatif yang panjang lagi dilakukan di balik layar. Jangan mengira bahwa foto yang bagus terjadi begitu saja, mereka sudah lulus editing dan sentuhan di sana-sini. Tetapi, trik yang hebat dari seorang juru foto saat mengambil foto itu menjadi kunci, apakah foto tersebut kelak bisa menjadi sebuah karya seni yang bagus atau tidak. Banyak foto yang sudah diedit sedemikian rupa, tapi tetap tak bagus, kan?