Granit Lantai, Mewah dan Berkelas

Lantai menjadi faktor penting untuk mempercantik suatu ruangan. Masing-masing jenis lantai dapat menciptakan kesan tertentu untuk menggambarkan karakteristik ruangan.

Granit Lantai

Granit adalah salah satu jenis lantai tertua yang digunakan dalam konstruksi sejak ratusan tahun silam. Jenis granit lantai yang menciptakan kesan mewah, elegan, dan berkelas untuk ruangannya. Hal ini karena jenis granit memiliki permukaan yang berkilau dan mengkilap. Bahan batu granit sendiri terbuat dari magma permukaan bumi yang membeku. Oleh karena itu, tak jarang orang-orang membayangkan sebuah ruangan kerajaan yang  sangat mewah ketika mendengar granit untuk material lantai.

Kelebihan Granit Lantai 

Granit sangat populer dalam dunia konstruksi, terutama untuk area-area tempat orang berlalu-lalang. Berikut merupakan kelebihan lantai granit dibandingkan jenis lantai lainnya.

1. Kuat dan Kokoh

Bahan granis adalah jenis lantai paling kokoh dibandingkan jenis lainnya. Hal ini karena granit dibuat melalui proses pressing kemudian dibakar dengan suhu tinggi hingga 1230 derajat celcius. Meskipun begitu, permukaan granit tidak menjadi kasar. Permukaannya tampak halus dan mengkilap sehingga memberi kesan mewah.

2. Anti Noda

Granit memiliki bahan yang mengkilap dan tidak memiliki rongga pori-pori terbuka seperti lantai kayu atau karpet, sehingga granit tidak menyerap noda. Ketika Anda tidak sengaja menjatuhkan minuman atau makan pada lantai karpet atau vinyl, maka dengan cepat lantai akan menyerap noda tersebut sehingga permukaan lantai akan terlihat rusak. Namun, pada granit noda tidak akan terserap. Anda cukup mengelap atau mengepel noda tersebut, permukaan lantai akan kembali cantik seperti semula.

3. Anti Gores

Selain anti noda, granit lantai juga memiliki karakteristik anti gores. Meskipun terkena benda tajam sekalipun, lantai masih akan tetap utuh dan cantik. Kemampuan anti gores ini juga didapatkan oleh lantai keramik, namun lantai granit memiliki tingkat anti gores lebih kuat dibanginkan lantai keramik.

4. Sejuk

Lantai granit memiliki pori-pori yang mampu menyerap udara bebas. Oleh karena itu ketika menginjakan kaki di lantai granit, kita akan merasakan hawa sejuk. Kelebihan lainnya adalah lantai granit juga sangat tahan dengan paparan sinar matahari.

Penggunaan Granit dalam Desain Interior

Berdasarkan karakteristik tersebut, lantai granit sangat umum digunakan untuk tempat-tempat umum. Di lobby perkantoran misalnya. Kita sering melihat lobby perkantoran menggunakan granit lantai untuk menciptakan kesan yang elegan. Selain itu, lobby perkantoran juga tempat banyak orang berlalu-lalang sehingga lebih aman menggunakan granit. Kita juga sering melihat lantai granit sebagai bahan lantai kolam renang, teras, gazebo, atau tempat-tempat outdoor lainnya. Hal ini karena karakteristik lantai granit yang kuat dan tahan akan paparan sinar matahari.

Baca: 5 Kelebihan Kaca Tempered

Selain itu, yang paling umum, lantai granit digunakan untuk lantai kamar mandi dan lantai dapur. Lantai granit tidak menyerap basah dan noda, sehingga sangat cocok untuk ruangan yang rawan dengan noda dan basah seperti dapur dan kamar mandi.

Penggunaan Granit dalam Desain Interior

Roman Granite, Lantai Keramik Granit

Salah satu jenis lantai granit adalah roman granite. Selama lebih dari 30 tahun, Lantai romain masuk ke Indonesia dan kini memimpin pasar industri konstruksi sebagai bahan lantai granit. Jenis ini memiliki kualitas terbaik dengan daya serap air kurang dari 3%. Lantai ini juga menimbulkan efek mengkilap dengan hasil akhir produk tahan gores, tahan noda, dan tahan cuaca. Bagi Anda yang ingin menggunakan grantai sebagai bahan lantai, granit roman menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.