Menerapkan Gaya Interior Gedung-gedung Hunian ala Korea

Gaya hidup ala Korea semakin familiar dijadikan inspirasi di negara kita. Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat Korean wave (hallyu) yang memang sudah merambah ke seluruh dunia. Indonesia pun tak luput dari serbuan berbagai produk budaya Korea. Salah satunya yang juga mulai digemari adalah tampilan interior ala gedung-gedung hunian di Korea.

Drama Korea yang kerap kali menyita perhatian penontonnya, menjadi cara promos interior Korea yang sangat efektif. Setelah booming beanbag, agen jual vertical blind yang banyak digunakan oleh ruangan Korea, lalu lampu hias serta wallpaper Korea, kini mendesain ruangan dengan interior seperti di drama-drama Korea rupanya jadi keinginan banyak penggemarnya.

Interior Minimalis dan Alami

Gaya desain interior minimalis rupanya mendominasi ruang-ruang dalam gedung-gedung hunian di Korea. Baik pada bangunan rumah, gedung apartemen, hotel maupun perkantoran. Kenyamanan dan fungsional dari sebuah ruangan merupakan prioritas interior Korea. Sehingga tampilannya cenderung simple dan praktis. Oleh karena itu, memilih furniture berwarna netral dengan desain minimalis dan modern, dapat mewakili tampilan ala Korea idaman Anda.

Penggunaan Kayu Ringan

 

Jenis lantai kayu ataupun furniture dari bahan kayu ringan dengan warna-warna cerah, sering digunakan dalam interior bangunan Korea. Salah satu jenis interior yang dipopulerkan budaya Korea adalah furnitur kayu berwarna putih. Kita bisa mendapati jenis furnitur kayu putih ini juga digunakan di gedung perkantoran di Korea.

Bermacam-macam material kayu yang dapat dijadikan bahan baku untuk furnitur interior Korea. Sebut saja kayu bambu, rotan, palem serta kayu jati. Interior kayu juga tidak hanya terbatas pada penggunaan lemari saja. Tapi juga dapat ditemukan pada meja dan kursi, tempat tidur, tangga bahkan rak buku.

Pencahayaan Alami yang Melimpah

Ciri khas sekaligus keunggulan dari desain interior ala Korea, adalah pencahayaan alami dari sinar matahari yang melimpah. Desain jendela-jendela besar kerap kali menghiasi ruangan. Desain Korea memang lebih menyukai hal-hal yang alami.

Selain itu, pencahayaan sinar matahari yang memadai, juga dapat menghemat energi. Apalagi, dengan penggunaan unsur kayu ringan, serta pemilihan warna-warna interior yang alami dan lembut, membuat tampilan interior Korea lebih rapi dan juga nyaman serta tampak lebih luas.

Baca juga: Ulasan Lengkap Jenis-jenis Batako Beserta Ukuran dan Kelebihannya

Untuk pengaturan intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan, umumnya digunakan vertical blind. Harga vertical blind murah dan sangat beragam, Anda dapat mencari motif dengan karakter yang sesuai pada agen jasa jual vertical blind.

Warna-warna netral

Salah satu ciri khas yang dapat ditemukan pada hampir semua tipe interior gedung-gedung Korea adalah pada pemilihan warnanya. Warna netral yang membuat ruangan lebih nyaman dan terlihat luas, tampak mendominasi interior Korea sehingga tampak sederhana namun tetap elegan.

Open Space

Gaya ruangan open space dimana penggunaan pembatas ruangan sangat minimal banyak dipraktekkan pada interior ruang gedung Korea. Khususnya pada gedung apartemen di Korea. Bukan rahasia lagi, bahwa ternyata harga apartemen di Korea tergolong tinggi. Sehingga, apartemen biasanya tidak berukuran terlalu luas.

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan ruangan yang tersedia, gaya ruangan open space menjadi pilihan. Dimana ruang tamu, meja makan dan dapur terbuka satu sama lain tanpa sekat. Biasanya, tempat tidur yang memiliki sekat tersendiri, atau cukup dibatasi dengan furniture besar seperti rak buku.

Gaya Open space ini biasanya diimbangi dengan furniture yang sederhana. Seperti meja-meja berkaki rendah, serta tempat tidur bawah tanpa kaki ranjang. Hal ini membuat ruangan tampak lebih praktis dan juga luas, karena langit-langit terlihat lebih tinggi.