Padu Padan Konsep Modern Minimalis Dengan Penggunaan Karpet

Konsep modern minimalis menjadi sangat populer sejak awal abad 20 dan berlanjut hingga saat ini. Tidak hanya mempengaruhi gaya hidup namun konsep modern minimalis juga berpengaruh besar pada gaya desain interior rumah. Minimalis artinya memaksimalkan fungsi dari suatu barang atau ruangan sehingga meminimalkan penggunaan unsur desain atau perabot yang tidak perlu tetapi tetap mengedepankan sisi estetika.

Penggunaan Karpet

Selain itu yang perlu diperhatikan dalam interior rumah modern minimalis adalah bagian lantai. Untuk lantai sebaiknya menggunakan bahan yang mudah dibersihkan, dapat menggunakan lantai keramik, lantai kayu, dapat juga melapisi lantai dengan karpet vinyl atau karpet bulu untuk memperindah dekorasi ruangan. Dalam mengusung konsep modern minimalis penting untuk bertindak cermat dalam memadu-padankan penggunaan karpet dengan tetap mempertahankan light concept yang menjadi ciri gaya modern minimalis.

 

Karpet Sebagai Pelengkap Interior Modern Minimalis

Karpet diambil dari Bahasa Italia kuno “Carpire” artinya melapisi. Bahan karpet bervariasi ada yang terbuat dari bambu, ada yang berbahan dasar serat kain, ada juga yang terbuat dari bulu-bulu. Karpet sering diidentikan dengan ruangan yang besar, megah dan dekorasi yang terkesan berat. Padahal dengan penempatan dan pemilihan jenis serta motif yang tepat dapat membuat ruangan terkesan chic, santai, dan tetap kepada konsep interior modern minimalis.

karpet ruang tamu

Pemakaian karpet dapat membuat ruangan minimalis terkesan lebih menarik dengan pemilihan warna dan motif yang tepat. Dapat juga digunakan sebagai alas untuk duduk-duduk di lantai jika penghuni rumah memiliki ruangan dengan gaya lesehan. Umumnya penempatan karpet terfokus pada ruang keluarga atau kamar tidur, tetapi ada juga yang menempatkan karpet di ruang makan bahkan di area dapur. Semua tergantung kepada selera penghuni rumah itu sendiri.

karpet dapur

Meletakkan karpet terutama dalam rumah bergaya modern minimalis tidak bisa asal diletakkan begitu saja. Salah menempatkan malah akan membuat ruangan terasa penuh dan tidak indah. Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli dan memasang karpet seperti luas ruangan, penempatan posisi karpet, warna, bentuk dan jenis karpet. Jika anda masih bingung dapat juga berkonsultasi dengan owner toko jual karpet, selain menyediakan jasa jual karpet lantai, biasanya mereka juga mengerti kebutuhan customer.


Baca ini juga: Karakteristik Kantor Star UP


Satu hal lagi yang harus diperhatikan sebelum pergi ke toko karpet adalah frekuensi penggunaan karpet apakah untuk dipakai terus menerus atau sekali-sekali jika ada momen tertentu saja. Jika karpet akan dipakai secara terus menerus pilihlah karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan seperti karpet katun, sintetis, atau dari kulit hewan, jika hanya sekali-sekali pilihlah jenis karpet yang mudah digulung.

karpet kulit hewan

Perawatan karpet sebenarnya susah-susah gampang yang jelas harus memiliki vacuum cleaner agar karpet dapat dibersihkan dengan rutin sehingga mencegah penumpukan debu dan kotoran, bau tidak sedap, mencegah timbulnya sarang kutu dan tungau atau jika tidak ingin repot bisa juga secara rutin mendatangkan jasa sedot debu ke rumah. Jika ingin menyimpan karpet, gulunglah dalam keadaan yang sudah dibersihkan dan dibungkus kertas atau menggunakan plastik untuk mencegah karpet menjadi berdebu.

Untuk pilihan karpet berkualitas dapat ditemukan di toko karpet yang sudah terpercaya seperti Greenfloor.co.id.  Tempat ini dapat menjadi salah satu pilihan toko karpet yang jual karpet lantai dan jual karpet jenis lainnya. Anda juga dapat melihat katalog karpet lengkap dengan keterangan ukuran besar dan ketebalan karpet, warna, motif, bahan dasar karpet, dan harga terbaik yang dapat ditawarkan sesuai kualitas pilihan.